Halaman

Senin, 23 April 2012

Orang-orang yang Dijanjikan Surga, yang Dirangkum dalam Surat Al-Furqoon: 62-74

Orang-orang yang Dijanjikan Surga, yang Dirangkum dalam Surat Al-Furqoon: 62-74 


Bismillaah . .

Segala puji bagi Allooh yang berkuasa atas segenap alam. Keselamatan dan kesejahteraan semoga tercurah untuk Rosulullooh Muhammad dan keluarganya, untuk para nabi dan para Rosul. Aamiin

Banyak firman Allooh yang menyebut balasan surga. Di antara alasan-alasan itu, yang terangkum dalam Quran Surat Al-Furqoon ayat 63-76 adalah sebagai berikut:

1. Orang yang rendah hati.
'Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan 'salaam'. (Quran Surat Al-Furqoon: 63)

2. Orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka.
'. . . Dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam mereka untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan sujud dan berdiri.' (Quran Surat Al-Furqoon: 64)

3. Orang-orang yang berdoa supaya dijauhkan dari neraka Jahanam.
'Dan orang-orang yang berkata: "Wahai Tuhan kami, jauhkanlah azab jahannam dari kami, karena sesungguhnya azabnya itu membuat kebinasaan yang kekal."' (Quran Surat Al-Furqoon: 65)

'Sungguh Jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.' (Quran Surat Al-Furqoon: 66)

4. Orang yang tidak kikir dan gemar bersedekah secara ikhlas sewajarnya.
'Dan (termasuk hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih) orang-orang yang apabila menginfakkan (harta), mereka tidak berlebihan dan tidak (pula) kikir, di antara keduanya secara wajar, . . ' (Quran Surat Al-Furqoon: 67)

Kajian Meruya menyarankan kita sedekah sebanyak-banyaknya, kalau bisa sedekah minimal sepertiga dari penghasilan. Sedekah itulah yang diharapkan menjadi penolong kita di akhirat ketika tidak ada satu penolongpun yang bisa menolong kita. Kalau ada yang sudah bisa bersedekah lebih, silahkan diteruskan. Semoga makbul.

5. Orang yang tidak mempersekutukan Allooh dengan sembahan yang lain (syirik); 6. Orang yang tidak membunuh orang yang diharamkan kecuali dengan alasan yang benar; 7. Orang yang tidak berzina; dan 8. Orang-orang yang sungguh-sungguh bertobat dari melakukan dosa besar di atas.
'Dan orang yang tidak mempersekutukan Allooh dengan sembahan yang lain dan tidak membunuh orang yang diharamkan Allooh kecuali dengan alasan yang benar, dan tidak berzina; . . Kecuali orang-orang yang bertobat dan beriman dan mengerjakan kebajikan, maka kejahatan mereka diganti Allooh dengan kebaikan.'
(Quran Surat Al-Furqoon: 68 dan 70)

9. Orang yang tidak memberi kesaksian palsu dan 10.Orang yang tidak melakukan hal-hal yang tidak berguna.
'Dan orang-orang yang tidak memberikan kesaksian palsu, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka berlalu dengan menjaga kehormatan dirinya.' (Quran Surat Al-Furqoon: 72)

11.Orang-orang yang jika diberi peringatan dengan ayat-ayat Tuhan mereka tidak bersikap masa bodoh layaknya orang buta dan tuli.
'. . . Dan orang-orang yang apabila diberi peringatan dengan ayat-ayat Tuhan mereka, mereka tidak bersikap sebagai orang yang tuli dan buta.' (Quran Surat Al-Furqoon: 73)

12.Orang yang berdoa supaya bisa memiliki keluarga yang baik: pasangan dan anak-anak yang menyejukkan mata (sholeh/sholihat taat kepada Allooh), untuk menjadi pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.
'Dan orang-orang yang berkata: "Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan sebagai penyejuk pandangan kami, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa."' (Quran Surat Al-Furqoon: 74). 'Penyejuk mata' yang dimaksud ayat di atas adalah pasangan dan anak-anak yang sholeh dan sholihat yang mendirikan sholat dan taat kepada Allooh.

'Mereka itu akan diberi balasan dengan tempat yang tinggi (dalam surga) atas kesabaran mereka, dan di sana mereka akan disambut dengan penghormatan dan salam, mereka kekal di dalamnya. Surga itu sebaik-baik tempat menetap dan tempat kediaman. (Quran Surat Al-Furqoon: 75 dan 76)

Dari sekian daftar orang-orang dijanjikan surga di atas, kita sudah memenuhi berapa? Maree maree kita coba amalkan sebisa kita. Semoga perbuatan baik kita menghapus dosa-dosa kita. Kalau ada kebenaran itu datangnya dari Allooh, dan kekurangan itu datang dari diriku sendiri yang masih fakir ilmu.

SEMANGAT! Maree maree . .



Yayah
Jakarta, 23 April 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar