Halaman

Sabtu, 14 Juli 2012

Resep Soto Ceker Ayam

Resep Soto Ceker Ayam





Ceker ayam mengandung protein, pospor, dan kalsium tinggi. Karenanya dia sangat baik untuk membantu mempercepat pemulihan bagi yang sedang dalam tahap pemulihan setelah sakit, setelah melahirkan, atau masa-masa menjaga kesehatan. Rasanya enak dan segar.

Kita bedah resepnya yuk: mudah, murah, dan so pasti menyenangkan.

Bahan:
1.       1 kilo ceker yang sudah dibersihkan kulitnya, cuci bersih, tiriskan
2.       2 liter air putih, didihkan

Bumbu:
1.       1 x 4cm kunyit  
2.       1 x 2cm jahe
3.       2 x 4cm lengkuas
4.       1 sendok makan ketumbar
5.       1 ons kemiri
6.       5 siung bawang putih
7.       3 batang sereh
8.       Garam secukupnya
9.       1 sendok makan lada
Haluskan kunyit, ketumbar, lengkuas,  jahe, kemiri, bawang putih, sereh, garam, dan lada bersama-sama supaya rasanya menyatu padu.
10.   4 lembar daun jeruk
11.   Daun bawang dan daun seledri, dibersihkan, diiris ½ cm

Sambal:
1.       Cabe rawit besar merah / atau cabe rawit hijau, pilih sesuai selera, cuci, giling halus atau kasar sesuai selera
2.        Jeruk nipis. Masukkan perasan jeruk nipis secukupnya ke dalam sambal cabe mentah untuk menjaga supaya sambal tetap segar, tidak berubah bau dan rasa.
3.       Sediakan juga jeruk nipis untuk perasan ke kuah soto, jika diinginkan.

Prosedur memasak, yang asyik-asyik aja:
1.       Masukkan ceker ayam yang sudah bersih ke dalam air mendidih di atas api besar. 
2.       Masukkan bumbu halus, daun jeruk, dan irisan daun seledri dan daun bawang. Terus masak dan biarkan ceker ayam matang sampai lunak. 
3.       Yang senang menambahkan bumbu penyedap, silakan tambahkan sesuai selera. Yang asyik-asyik aja masaknya.
4.       Setelah semua bumbu tercampur, air mendidih lagi, setel api menjadi sedang selama kurang lebih 15 menit hingga bumbu meresap, lalu matikan. Dengan demikian soto ceker ayam siap disajikan dengan tambahan sambal dan jeruk nipis sesuai selera. Jika ingin ceker lebih empuk lagi dengan bumbu lebih meresap lagi, silakan dipanaskan lagi hingga mendidih, sampai ceker lunak sesuai selera.
5.       Mudah bukan? Sluuuurrrrrpppp . . .

Keadaan ceker darurat

Jika karena sesuatu hal ada sebagian ceker belum bersih kulitnya, kita bisa merendamnya ke dalam air mendidih selama ½ - 1 menit, tidak lebih, lalu membersihkannya mulai dari merobek telapak kaki lalu diteruskan ke semua bagian.

Pantangan: Jika ceker direndam dalam air mendidih lebih lama dari ½ - 1 menit, ceker akan “matang” – menjadi kaku, padat, dagingnya matang, kulitnya menyatu dengan daging, mengeluarkan cairan khas yang pekat, sehingga kulit sulit untuk ditarik. Selain itu, ceker yang “matang” tersebut akan berubah warna menjadi merah atau kehitaman.

Jika ceker direndam dalam air mendidih secara benar dalam waktu ½ - 1 menit, kulit mengelupas di semua bagian, ceker tetap lemas, warna tetap seperti warna asli sebelum direndam, dan mudah dikuliti.

Ceramah tentang soto cekernya sekian dulu. Maree maree . .

Yayah
Depok, 15 Juli 2012 
Untuk Indonesia yang lebih baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar