Halaman

Sabtu, 03 Maret 2012

Definisi/contoh kasus yang dinilai korupsi oleh Ajaran Muhammad SAW/Islam

Definisi/contoh kasus yang dinilai korupsi oleh Ajaran Muhammad SAW/Islam


"Hadiah/gratifikasi yang diperoleh karena jabatan masuk kategori haram/tidak boleh diterima."

Definisi/contoh kasus yang dinilai korupsi yang Diajarkan Muhammad SAW/Islam yang dihimpun dalam Hadis Riwayat al-Bukhariy Pada Kitab al-Aiman :


Terjemahnya:

Abu al-Yaman menceritakan kepada kami, Syu’aib memberitakan kepada kami, dari al-Zuhriy dia berkata : ‘Urwah memberitakan kepadaku, dari Abi Humaid al-Saidiy, dia telah memberitakannya, sesungguhnya Rosulullooh Saw. mengangkat seorang amil (pegawai) untuk menerima sedekah/zakat. Kemudian setelah selesai dari pekerjaannya dia datang kepada Rosulullooh Saw. dan berkata: "Ini untukmu dan yang ini hadiah yang di berikan orang kepadaku." Maka Rosulullooh Saw. bersabda kepadanya: "Mengapakah kamu tidak duduk saja di rumah bapak atau ibumu untuk melihat apakah di beri hadiah atau tidak." Kemudian sesudah shalat Rasulullah Saw. berdiri setelah tasyahud dan memuji Allooh selayaknya lalu bersabda: "Amma ba’du. Mengapakah seorang ‘amil (petugas zakat) yang diserahi mengurus pekerjaannya, kemudian ia datang lalu berkata, 'Ini hasil untuk kamu dan ini aku di beri hadiyah.' Mengapa ia tidak duduk-duduk saja di rumah bapak atau ibunya untuk mengetahui apakah di beri hadiah atau tidak. Demi Allooh yang jiwa Muhammad di tangan-Nya. Tiada seorang yang menyembunyikan sesuatu untuk di ambil hasilnya (korupsi), melainkan ia akan menghadap di hari kiamat nanti memikul di atas lehernya, jika berupa onta akan bersuara, jika berupa lembu akan menguak, dan jika berupa kambing akan mengembik. Maka sungguh aku telah menyampaikan."

Abu Humaid berkata: 'Kemudian Rosulullooh Saw. mengangkat kedua tangannya, hingga aku dapat melihat putih kedua ketiaknya. Berkata pula Abu Humaid, sungguh hal itu telah mendengar bersamaku Zaid ibn Sabit dari Nabi Saw."


Versi bahasa Arab:

حد ثنا ابو اليما ن اخبرنا شعيب عن الزهرى قال اخبر نى عروة عن ابى حميد السا عدى انه اخبره ا ن رسول الله صلىالله عليه وسلم استعمل عاملا فجاءه العامل حين فرغ من عمله فقال يا رسول الله هذا لكم وهذا اهدى لى فقال له افلا قعد ت فى بيت ا بيك وا مك فنظرت ا يهدى لك ام لا ثم قام رسول الله صلى الله عليه وسلم عشية بعد الصلاة فتشهد واثنى على الله بماهو اهله ثم قال اما بعد- فما بال العا مل نستعمله فياء تينا فيقول هذا من عملكم وهذا اهدى لى افلا قعد فى بيت ابيه وا مه فنظر هل يهدى له ام لا فوالذى نفسى محمد بيده لا يغل احد كم منها شياء الا جاء به يوم القيما مة يحمله على عنقه ان كا ن بعيرا جاء به له رغاء وان كانت بقرة جاء بها لها خوار وان كا نت شا ة جاء بها تيعر فقد بلغت فقال ابو حميد ثم رفع رسول الله صلى الله عليه وسلم يده حتى ا نا لننظر الى عفرة ابطيه قال ابو حميد وقد سمع ذلك معى زيد بن ثا بت من النبى صلى الله عليه وسلم فسلوه- [11]



Hadiah/gratifikasi yang diperoleh karena jabatan masuk kategori haram/tidak boleh diterima.

Maree maree . .


Yayah
Depok, 4 Maret 2012
Untuk Indonesia yang lebih baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar